Pelaksanaan analisis dan evaluasi peraturan perundang-undangan yang saat ini sedang dilakukan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) melalui perlu dikembangkan lebih luas. Hal ini untuk mendorong perbaikan sistem perundang-undangan Indonesia yang masih menyimpan banyak permasalahan.

Hal tersebut disampaikan oleh M Nur Sholikin, Direktur Eksekutif PSHK dalam acara Diskusi Penyempurnaan Pedoman Analisis dan Evaluasi Hukum untuk Rekomendasi Dokumen Pembangunan Hukum Nasional yang diselenggarakan diselenggarakan oleh Pusat Analisis dan Evaluasi Hukum BPHN, Kamis (25/9), di Jakarta.

Lebih lanjut, Sholikin menjelaskan bahwa pengembangan pelaksanaan monitoring, analisis dan evaluasi tersebut diperlukan baik terhadap penyempurnaan fungsi, substansi dan penguatan kelembagaan. Terkait dengan penguatan kelembagaan, Sholikin mengusulkan perlunya penguatan organisasi terhadap unit kerja yang saat ini menangani perundang-undangan.

“Permasalahan perundang-undangan saat ini sangat kompleks sehingga perlu langkah lebih serius dari pemerintah untuk melakukan penataan kelembagaan”, ujar Sholikin.

Upaya pembenahan yang saat ini dilakukan oleh pemerintah perlu dikelola lebih sistematis untuk menjamin kesinambungan pelaksanaan reformasi regulasi di Indonesia. Reformasi regulasi merupakan proses yang harus dijalankan oleh setiap pemerintahan yang berkuasa untuk menjamin kualitas peraturan perundang-undangan lebih baik sebagai penopang Indonesia sebagai negara hukum.

Sholikin menyarankan agar pembenahan regulasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini secara tematik terus dilakukan. Pilihan pembahan secara tematik ini diperlukan untuk membuat prioritas perbaikan yang disesuaikan dengan visi misi pembangunan pemerintah.

Perbaikan saat ini lebih efektif dilakukan secara tematik, penyelesaian secara menyeluruh membutuhkan sumber daya yang cukup besar, menngingat permasalahan kualitas dan kuantitas peraturan perundang-undangan di Indonesia yang sangat kompleks. Hasilnya  juga belum tentu sesuai dengan kebutuhan. Pekerjaan yang lebih penting adalah memastikan proses perbaikan ini terus berjalan.

Shared