Ardi Yunanto

Sarjana Teknik, Jurusan Arsitektur – Institut Teknologi Malang (2003)

Ardi Yunanto bergabung dengan YSHK sebagai karyawan paruh waktu pada 2015. Baik untuk PSHK maupun Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera, ia menangani berbagai materi desain grafis dan strategi komunikasi, dari membuat poster kampanye, kalendar infografis, desain buku, hingga merancang model dasar situs laman PSHK, parlemen.net, dan STH Indonesia Jentera. Ia senang mengolah isu-isu penting menjadi lebih informatif dan komunikatif bagi publik, sementara PSHK maupun STH Indonesia Jentera memiliki banyak isu penting yang menarik untuk diolah. Proses mengurai, memilih, dan memilah isu, hingga menemukan cara untuk menampilkannya kembali secara akrab, baginya, adalah tugas utama seorang desainer.

Sebelum bergabung dengan YSHK, ia pernah diundang sebagai fasilitator dalam pelatihan desain untuk PSHK. Ia juga pernah terlibat dalam penelitian bersama antara jurnal Karbon dan PSHK, yang menghasilkan sebuah buku, Publik dan Reklame di Ruang Kota Jakarta pada 2013. Jauh sebelum itu, ia adalah lulusan Jurusan Arsitektur dari Institut Teknologi Nasional Malang. Namun, ketertarikannya kemudian terhadap dunia penulisan, persoalan ruang publik, seni, dan budaya, melunturkan minatnya untuk bekerja sebagai arsitek.

Selain bekerja di YSHK, ia juga tergabung di ruangrupa, sebuah organisasi seni rupa kontemporer di Jakarta. Di ruangrupa, ia pernah menjadi pemimpin redaksi jurnal Karbon dan majalah Bung!. Kini, ia adalah salah seorang koordinator Institut ruangrupa—program pendidikan seni rupa yang baru didirikan ruangrupa pada 2015. Selain itu, ia juga bekerja lepas sebagai editor, desainer grafis, pengelola program seni-budaya, dan pengajar di International Design School di Jakarta. Senggang tidak senggang, ia menyempatkan dirinya menonton film dan membaca buku—apa saja yang sesuai dengan minatnya yang musiman—sembari berusaha, separagraf demi paragraf, kembali mengarang cerita fiksi.