Fajri Nursyamsi

Magister Hukum, Fakultas Hukum – Universitas Indonesia (2016)
Sarjana Hukum, Fakultas Hukum – Universitas Indonesia (2009)

Fajri menelurkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang pada 2015, yakni kerangka hukum disabilitas. Riset itu diterbitkan dalam bentuk buku dan menjadi bahan penting dalam advokasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyandang Disabilitas. Riset itu juga menginspirasi tesisnya ketika menyelesaikan pendidikan magister hukum di Universitas Indonesia pada 2016, yaitu melihat aspek disabilitas dalam pergantian Presiden di Indonesia dalam perspektif Hukum Tata Negara. Sebelumnya, ia menulis skripsi tentang ilmu perundang-undangan yang selesai pada 2009.

Sebagai peneliti, Fajri pernah terlibat penelitian mengenai “Formulir Laporan Pekara Pengadilan Versi Baru di Lingkungan Peradilan Umum”, grosse acta dalam hukum Indonesia, dan penelitian mengenai pemberdayaan partisipasi politik setelah Pemilu. Selain itu, ia juga dipercaya menjadi pemandu dalam penulisan buku “Catatan Awal Tahun Kinerja DPR 2011”. Fajri juga aktif dalam kegiatan advokasi. Ia tergabung dalam koalisi masyarakat sipil terkait berbagai isu, misalnya pemantau peradilan, bantuan hukum, zakat, pendidikan dan penyandang disabilitas. Dari situ, ia belajar merepresentasikan lembaga dan gagasan, berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan mendorong perubahan kebijakan.

Pun, di PSHK, Fajri juga melaksanakan kegiatan manajerial. Ia adalah Kepala Unit Strategi Pengembangan Organisasi dan Redaktur Pelaksana Jurnal Jentera. Ia senang melakukan semuanya karena didukung oleh suasana kerja yang nyaman, ruang diskusi dan kolaborasi yang tercipta, serta otokritik yang masih berjalan. Kesamaan visi personalnya dengan visi lembaga juga menjadi faktor penting terhadap semangat kerjanya hingga saat ini.

Dalam menjalankan visinya, Fajri juga menjadi pengajar di fakultas hukum Universitas Indonesia dan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera. Ia memangku mata kuliah tentang kenegaraan. Ia percaya, kegiatan mengajar atau berbagi ilmu merupakan siklus penting dari pekerjaan sebagai peneliti. Jika memiliki waktu senggang, Fajri tidak meninggalkan hobinya untuk bermain games dan menonton bolasepak.

Article