M. Nur Sholikin

Sarjana Hukum – Universitas Indonesia (2003)

M. Nur Sholikin bergabung sebagai peneliti di PSHK sejak 2004. Saat ini, ia berperan sebagai Direktur Eksekutif. Dia bertanggung jawab mengelola kegiatan penelitian dan melakukan asistensi PSHK kepada lembaga-lembaga negara dan lain, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan kegiatan.

Sebagai peneliti, Sholikin telah melakukan sejumlah penelitian di bidang peradilan dan legislasi.Salah satu fokus risetnya adalah legislasi daerah, antara lain Implementasi Pengawasan Perda melalui Executive Review dan Judicial Review; Menilai Tanggung Jawab Sosial Perda; dan Awasi Perda, Berdayakan Daerah. Pada 2009, Sholikin bersama dengan Simon Butt dari University of Sydney menerima hibah penelitian dari Australia Indonesia Governance Research Partnership dengan tema Making Law in Regional Parliament yang dipresentasikan di hadapan pengambil kebijakan dalam Policy Research Forum di Jakarta.

Di wilayah peradilan, Sholikin juga terlibat dalam kegiatan riset dan asistensi.Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan adalah terlibat dalam penyusunan kurikulum pendidikan dan pelatihan (diklat) calon hakim di Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan (Balitbang Diklat Kumdil) Mahkamah Agung. Selain itu, ia juga terlibat dalam pengembangan bahan ajar bagi diklat calon hakim dan hakim Pengadilan Hubungan Industrial. Pada 2012, ia menjadi anggota Kelompok Kerja Penyusunan SEMA Penetapan Pengadilan atas Pencatatan kelahiran yang telah melampaui Batas Waktu Satu Tahun.

Sholikin juga aktif sebagai trainer dalam pelatihan perancangan peraturan perundang-undangan, baik di tingkat pusat maupun di daerah. Di bidang legislasi, Ia pernah menjadi anggota tim penyusun naskah akademik revisi UU N0. 10 Tahun 2004 bersama dengan pakar perundang-undangan dalam tim yang dibentuk oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Ia juga pernah menjadi narasumber dan konsultan di beberapa unit kerja di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, terutama terkait dengan topik peraturan perundang-undangan. Pada 2010, ia menjadi konsultan di Direktorat Pengembangan Kerja Sama Pemerintah dan Swasta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional untuk melakukan Studi Harmonisasi Regulasi tentang Kerja Sama Pemerintah dan Swasta di bidang Infrastruktur.

Selain itu, dunia kampus turut menjadi perhatiannya.Ia tercatat sebagai pengajar Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia. Beberapa tulisannya juga pernah dimuat dalam beberapa media massa dan jurnal ilmiah.

Kepedulian Sholikin juga terlihat dalam upaya reformasi hukum di Indonesia. Untuk itu, ia berharap dapat terlibat dalam pembaruan dan pengawalan kebijakan. Kepedulian itu didukung dengan kegemarannya dalam memantau perkembangan terkini melalui berita-berita media massa. Ia bercita-cita dapat produktif berkarya dengan menghasilkan banyak buku.

Article