Muhammad Faiz Aziz

Magister Hukum (LLM) – The National University of Malaysia (2016)
Sarjana Ilmu Politik – Universitas Terbuka (2006)
Sarjana Hukum, Fakultas Hukum – Universitas Indonesia (2003) Diploma Akuntansi, Politeknik Universitas Indonesia – Universitas Indonesia (1999)

Hukum ekonomi adalah bidang yang selalu ditekuni Aziz—begitulah sapaannya. Hal itu bahkan menjadi salah satu alasannya menjadi bagian dari PSHK. Ia begitu ingin mengembangkan penelitian hukum di bidang ekonomi. Terlihat, dalam setahun terakhir, beberapa tulisannya masuk media massa terkait hukum ekonomi, khususnya maritim, ASEAN, infrastruktur, dan kawasan perbatasan. Selain bagian dari mimpinya yang dirawat, pengembangan penelitian di bidang hukum ekonomi belum banyak dilakukan oleh Non-Governmental Organization, kata Aziz. Sementara itu, kebutuhan akan kajian netral terkait ekonomi begitu dibutuhkan.

Bukan hanya soal ekonomi, Aziz juga masuk dalam beberapa penelitian lain. Dua penelitian yang berkesan baginya adalah Study on Unfair Trade Practices in Select ASEAN Countries (2012) dan Penilaian atas Website Seluruh Pengadilan tahun 2011. Penelitian yang disebut kedua dinilai dapat mendorong pengadilan untuk mempunyai website tersendiri. Selain itu, ia juga terlibat di beberapa penilitian lain, sebut saja: Harmonisasi Regulasi Kerjasama Pemerintah dan Swasta dalam Penyediaan Infrastruktur (2011), Baseline Study of Public Services in Judicial Institutions (2012), Catatan Awal Tahun (setiap tahun), dan Small Claim Courts (2015).

Kontribusinya bukan hanya sebagai peneliti, Aziz juga berperan sebagai Direktur Komunikasi dan Pengelolaan Pengetahuan. Ia menggawangi tim Informasi dan Teknologi, Media Kreatif, dan Knowledge Centre. Dalam perannya ini, ia mengupayakan agar timnya dapat saling berintegrasi untuk membagi pengetahuan bagi internal lembaga, juga dikelola sehingga dapat bermanfaat kepada pihak-pihak di luar lembaga.

Hal tersebut sejalan dengan mimpinya untuk terus mengembangkan diri. Selain ingin meneruskan pendidikannya hingga tingkat Doktoral, Aziz juga ingin mengembangkan tata kelola di sekitar rumahnya agar warga sekitar tempat tinggalnya dapat semakin berdaya. Itulah sebabnya ia menghabiskan waktu luangnya dengan aktif di lingkungan tempat tinggal.

Article